Tingkah Laku Agresif Kucing (bag 2)

Posted by Catlover on 04:57 PM, 05-Mar-11

Under: perilaku kucing

Agresi permainan biasanya ditemukan pada kucing-kucing muda, yang berumur kurang dari dua tahun. agresi ini normal pada kucing yang sedang mengalami masa pertumbuhan. kucing-kucing muda jauh lebih aktif daripada kucing dewasa, dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan mengeksplorasi dan mengembangkan ketrampilan berburunya.

agresi juga bisa muncul pada kucing yang mengalami rasa takut, mungkin karena pemiliknya sedang berusaha menghukumnya, atau karena kucing sedang berada di bawah perawatan medis yang kucing tidak pahami. seperti setiap mahluk yang ketakutan, kucing mungkin menyerang sebagai bentuk pertahanan diri.

agresi timangan adalah agresi yang pemilik kucing paling benci. kucing tidur pulas setelah ditimang-timang di pangkuan orang, namun tiba-tiba kucing bangun dan menggigit atau mencakar tangan orang yang menimang-nimangnya. bahkan yang lebih menjengkelkan, agresi ini muncul saat kucing sedang diemong. penjelasan sederhananya adalah bahwa beberapa kucing memiliki toleransi terbatas terhadap timangan dan emongan orang. jika timanagn berlangsung terlalu lama, kucing merasa terganggu.

agresi pengalihan terjadi ketika kucing dibuat marah oleh suatu situasi (misalnya seekor burung yang bertengger di balik kaca jendela). kucing merasa sangat marah tetapi tidak biasa menyerang burung tersebut. sebagai bentuk pelampiasannya, kucing mungkin menumpahkan agresinya pada seseorang yang kebetulan berada di dekatnya. atau jika seekor kucing tiba-tiba ketakutan ia mungkin menyerang kucing lain yang sedang tidur didekatnya.

agresi teritorial adalah bentuk agresi yang paling umumdijumpai pada kucing. agresi ini terjadi ketika teritori seekor kucing diinvasi oleh penyusup. agresi teritori sering terjadi ketika seekor kucing baru dibawa masuk ke dalam teritori yang telah dikuasai kucing lain. ini terjadi di rumah yang dihuni oleh banyak kucing atau ketika seekor kucing baru bertemu dengan kucing tetangga di taman.

agresi antar kucing jantan sering dijumpai di rumah di mana ada lebih dari satu kucing jantan. agresi ini bisa terjadi sebagai tantangan seksual memperebutkan posisi tertinggi dalam hirarki sosial kucing.

agresi bela diri mirip dengan agresi yang dipicu oleh rasa takut yang telah didiskusikan di atas. agresi bela diri bisa muncul dari kucing jantan atau kucing betina. pada dasarnya agresi ini untuk membela diri. walau pada umumnya kucing bukanlah hewan sosial, kucing memiliki urutan kekuasaan, dan kucing tidak ingin berada di bawah kucing lainnya.

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

2 responses to "Tingkah Laku Agresif Kucing (bag 2)"

sinyobain ® on 05:21 PM, 05-Mar-11

Kucing bermain didapur,wah gi main MWB,numpang coMent ea bos mrgreen

Catlover on 06:25 PM, 05-Mar-11

silahkan... smile

Subscribe to comments feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(Some BBCode tags are allowed)

Security Code:
Enable Images